4 Program Diet Sehat yang Efektif Menjaga Berat Badan

Thursday, October 13th, 2016 - Tips

Membahas tentang proporsionalitas berat badan pasti selalu berujung pada program diet. Banyak orang merasa tidak puas dengan berat badannya dan memilih diet. Timbul banyak versi program diet sehat yang ditujukan untuk menjaga berat badan. Program diet sehat dipilih karena efek sampingnya yang minim dan umumnya tidak membutuhkan banyak biaya. Berbeda dengan diet-diet dengan bantuan obat yang seringkali tidak hanya berbahaya, namun juga membutuhkan biaya ekstra. Seperti apa program diet yang telah ada dan bagaimana prosedurnya akan dijelaskan dalam uraian berikut.

healty-portion-diet

Uraian Program Diet Sehat dan Manfaatnya

1.Healthy Portion Diet

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan program diet sehat yang satu ini. Seperti halnya berbagai program diet, program ini menuntut Anda menjaga pola makan. Ketika menerapkan program diet ini, Anda dapat tetap memakan apa saja, asalkan piring Anda selalu Anda bagi ke dalam 4 bagian. Keempat bagian tersebut adalah karbohidrat; protein nabati, hewani, dan lemak; sayuran; dan buah-buahan. Dalam penerapan program ini, Anda dilarang untuk mengonsumsi snack ringan secara berlebih, sebab hal tersebut dapat membuat kalori simpanan dalam tubuh membengkak. Program ini didukung dengan olahraga dan latihan ringan. Apabila dilaksanakan secara disiplin maka Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 kg dalam waktu 1 bulan.

2. Food Combining Diet

Berbagai  program diet sehat yang ada saat ini tidak lagi menyiksa Anda yang ingin menjaga berat badan. Salah satunya melalui Food Combining Diet. Program ini memiliki konsep yang mengarah pada fakta bahwa tiap kelompok makanan mempunyai daya serap dan waktu cerna yang berbeda. Sehingga Anda hanya perlu mengatur jeda waktu makan bagi beberapa jenis makanan. Anda tidak bisa mengonsumsi lauk-pauk, nasi, sayuran, dan buah sekaligus dalam 1 jam makan. Beberapa kelompok makanan membutuhkan zat asam sedangkan makanan yang lain membutuhkan zat alkali, untuk itu cara mengonsumsinya harus dipisahkan. Dalam program diet ini, Anda juga harus mengunyah makanan sampai halus dan berair baru kemudian boleh menelannya. Memaksimalkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi adalah kunci program diet ini.

3. Diet Mayo

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan program diet sehat yang satu ini. Program ini diminati karena efektif menurunkan berat badan secara drastis dalam beberapa 2 minggu saja. Program diet yang diusung Mayo Clinic di Amerika ini berfokus pada larangan makan garam atau makanan yang rasanya asin selama 2 minggu. Diet mayo mengatur pola makan setiap hari dengan makanan yang rendah kalori, tinggi protein, dan hingga tanpa karbohidrat. Selain menjaga pola makan, dalam program ini diwajibkan untuk minum 8 gelas air putih setiap harinya untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh. Namun hindari meminum air es. Program ini dapat mengubah kondisi kimiawi dalam tubuh Anda menjadi lebih baik. Selama 14 hari prosedur diet ini harus dilaksanakan secara taat. Apabila gagal di tengah jalan, maka program diet harus diulang sejak awal atau kembali ke hari pertama.

4. Diet Mediterranea

Menurunkan berat badan ternyata tidak sulit, dibuktikan oleh program diet sehat satu ini yaitu Diet Mediterranea. Anda bisa mencoba pola makan seperti orang Prancis, Yunani, dan Italia. Prinsip utamanya adalah mengurangi konsumsi daging merah. Program diet ini efektif menghindarkan Anda dari kelebihan berat badan, kelebihan kalori, kolesterol, dan penyakit jantung. Anda cukup memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, roti, dan buah saat melaksanakan program diet ini.

Itulah ulasan 4 program diet sehat yang menarik untuk Anda. Jangan lupa selain menjaga pola makan, olahraga juga penting demi menjaga kestabilan berat badan.

4 Program Diet Sehat yang Efektif Menjaga Berat Badan | fuad | 4.5